APLIKASI VIDEO EDITOR

Pada tugas Pengantar Tek. Internet & New Media (Softskill) ini saya akan membahas tentang aplikasi foto dan video editing yang sering saya gunakan yaitu Adobe Photoshop dan Adobe Premiere. Biasanya saya mengedit foto menggunakan filter-filter yang ada di Adobe Photoshop lalu saya gabungkan foto-foto yang sudah saya edit menjadi video yang dibuat di aplikasi Adobe Premiere. Berikut penjelasan kedua aplikasi tersebut:

ADOBE PHOTOSHOP
Menurut saya Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat editor yang dibuat oleh Adobe System yang dipergunakan untuk pengeditan file berupa gambar untuk dibuat lebih bagus dari hasil sebelumnya. Contoh: Penggunaan efek shadow pada gambar.

Kelebihan:
- Dapat membuat beragam tulisan yang diinginkan hanya dengan menggunakan add-ons.
- Dapat membuat tekstur dan material yang menarik.
- Dapat mengkoversi file yang akan diupload ke website.

Kekurangan:
- Diperlukannya spesifikasi komputer yang makin baik dari segi grafis (Graphic Card).
- Harganya yang mahal, untuk terbaru ini Adobe Photoshop versi CC (Creative Cloud) dibanderol dengan harga US$ 19.99 per bulan dengan kurs Rupiah saat ini (IDR 12.971) sekitar IDR 259.300.

ADOBE PREMIERE

Menurut saya Adobe Premiere adalah sebuah perangkat editor yang dibuat oleh Adobe System yang dipergunakan untuk pengeditan file berupa video untuk dibuat menjadi suatu video yang dapat dijadikan sebuah video dengan kualitas yang baik. Contoh: Penggabungan beberapa footage menjadi sebuah video yang indah.

Kelebihan:
- Software yang sudah kompleks, jarang sekali terjadinya crash program.
- Sudah bisa membuat video berresolusi 4K.
- Banyaknya add-ons yang bisa digunakan sebagai efek dalam pembuatan video.

Kekurangan:
- Diperlukannya spesifikasi komputer yang makin baik dari segi grafis (Graphic Card) dan memori minimal 4GB (RAM).
- Harganya yang mahal, untuk terbaru ini Adobe Photoshop versi CC (Creative Cloud) dibanderol dengan harga US$ 19.99 per bulan dengan kurs Rupiah saat ini (IDR 12.971) sekitar IDR 259.300.

Komentar